Kamis, 02 Agustus 2007

Cerita Pra Ekspedisi

Duh, udah lama nih gw gak posting di blog.. Susah banget mo cari koneksi ke internet.. Ya iya lah, di hutan belantara mah mana ada koneksi.. Paling2 juga cuman hotspot :-P
Eh beneran nih, bukannya mw sok sibuk euy, tapi akhir2 ini gw n temen2 gw di div. GH (gunung hutan) KMPA lagi sibuk banget tuk ngurusin ekspedisi kita ke Gunung Raung, Jatim. Selama ini kita sering banget ke lapangan (maksudnya ke alam liar loh.. Jangan2 ada yang ngira ke lapangan sabuga lagi) bwt memantapkan skill dan kemampuan navigasi alam bebas. Klo mw gw inget2 sih, mungkin udah 7 (toejuh) kali latian ke alam liar (ceile..) selama liburan semester ini - jauh lebih banyak dibandingin dengan divisi RC (Rock Climbing), apalagi sama Caving mah (hehe piss ah)...

7 kali latian itu - klo gak salah lagi nih - kita lakuin di
(1) Cicenang - deket Cikole (itu kita latian Navigasi Terbuka di kebon teh) - cupu abissss, navigasi kebon teh mah cuma bwt amatiran :-P (kualat gw nih, Ngemeng2 "mode on" )
(2) Navigasi Tertutup Rute Cikole-Bukit Tunggul (cat urang: Bukit Tunggul itu daerah dataran paling tinggi di daerah Bandung & sekitarnya - sekitar 2600 meter dpl) tapi gagal karena nyasar (bener kan kualat gw.. Jadi nyasar deh,, Ampunn mbah!)
(3) Navigasi T'tutup Rute Bukit Tunggul-Ciruang Badak - nyasar setelah ngelewatin puncak Bukit Tunggul, kita gak nemuin punggungan ke Ciruang Badak. Lagi ngeceng kali tuh punggungan,,
(4) Navigasi Tertutup lage, Rute Bukit Tunggul-Ciruang Badak, nyasar lagi dan ngelakuin kesalahan yg sama (kabar singkongnya seh nyasar.. (Didik si Singkong tuh yg ngasih kabar) gw juga gak ikut sih :lol)
(5) Survival bareng Rime, Sigit, and Cussy di Gunung Sanggara (gw gak ikut lagie) - Om Sigit & Cussy kok tumben2 mw ikut latian survival.. Ternyata selidik punya selidik, mereka mw ikut kerna gak punya duit bwt makan di kota,, Jadi sekalian aja ikut survival ke hutan, itung2 belajar jadi tarjan. Maklum deh waktu itu lagi bulan tua buoy,, Biasa lah mereka kan anak kos yg kere (hehe, ampun om sigit..cus..)
(6) Simulasi I di rute Gunung Kendeng-Tegal Panjang, deket Gunung Papandayan (konon salah satu dataran tertinggi di Jawa Barat), daerah Pangalengan-Garut. Gagal euy ke Tegal Panjang karena terlalu ngikutin
jalan setapak,, tapi berakhir menyenangkan dengan sosialiasi pedesaan ke penduduk desa (setelah sempat merepotkan anak2 kmpa di 'sel' itb krena disangka nyasar di lebatnya hutan)
(7) Simulasi II di rute Gunung Sanggara-Bukit Tunggul. Klo bagi gw sebagai seorang porter di tim ini, simulasi ini paling sukses karena 99% gak nyasar dan trus konsisten dengan jalur (thanks to Alam 'what de heck' n tim advanced laennya) n terutama karena gw selaku porter ngerasa klo simulasi ini bener2 ngelatih fisik dan mental gw di lapangan..

Tapi sayang, ekspedisi kami harus tertunda karena persiapan kami yang kurang matang - termasuk dari gw selaku koordinator logistik (sori bwt semua anak2 GH). Lain kali aja gw jelasin ttg hal ini..

Oh ya, mungkin ada yg mikir : Ngapain sih ni orang kok mau-maunya gitu berangkat ke hutan segala, kayak gak ada kerjaan aja?!
Jadi mungkin gw sekalian aja ngjelasin motivasi gw kok pake mau2nya ngabisin waktu di alam liar.
(1) Indonesia itu punya alam yang sangat indah yg bahkan menyebabkan Indonesia dijuluki Zamrud Khatulistiwa. Gw yakin temen2 semua pasti bakal amat kagum akan keindahan alam negeri ini begitu temen2 berkunjung langsung ke daerah itu
(2) Dengan sering menghabiskan waktu di alam, fisik dan terutama mental kita akan terbentuk dengan sendirinya menjadi pribadi yang tangguh dan mandiri. Gw sering pergi dengan temen2 di KMPA dan temen2 gw di kelas (aka temen sma atau temen kuliah) ke gunung dan hutan. Dan klo boleh ngebandingin, rasanya jauh berbeda ketika kita di alam bebas (yang memerlukan inisiatif, kemandirian, dan kemampuan mental yg lebih tangguh klo dibandingin dengan kehidupan di peradaban) bersama anak2 kmpa atau dengan temen2 non-pa. Wah mungkin gak usah dijelasin deh, gw rasa temen2 semua udah nangkep apa maksud gw kan..? Kata senior gw nih, justru sikap mental seperti itulah yg akan jadi nilai lebih buat kehidupan kita ke depannya (aka. pas di dunia kerja, pas cari jodoh, dll)
Di alam bebas, nggak ada lagi jaim-jaim, semua nya udah blak2an lah.. Kentut aja di sembarang tempat n kapan aja (seringnya sih di waktu makan), boker udah jadi topik obrolan waktu pagi2, curhat2an tentang apa pun itu mah biasa, dll. Banyak karakter-karakter orang yang berusaha disembunyikan ketika hidup di perkotaan, pas mereka berada di alam liar, keluarlah dan mengalirlah karakter aslinya tersebut dengan spontan (terutama karakter2 yg negatif sih banyaknya, hehe). Jadi intinya kita bisa mengamati kondisi psikologis seseorang dengan lebih pure, karna udah gak ada lagi sifat2 yg ditutup-tutupin..
(3) Nambah pengalaman dan ngelatih skil interpersonal (kerjasama, komunikasi, dll)
Klo ini sih udah pasti kita dapetin.. Pengalaman (yang pasti beda dgn kebanyakan orang2) pasti dapet,, Trus komunikasi, kerjasama, dll tuh penting bgt klo kondisi kayak gitu.. Klo skill interpersonal lu jelek,, wah mampuslah dikau di hutan

Wah udah males nih postingnya, soalnya gw ngetik di warnet nih n udah 10ribu neh duit gw harus keluar (tadi gw spontan aja mw ke warnet & posting, jadi belum nyiapin bahan posting sama sekali). Nanti aja deh gw lanjutin lagi ya? Udah tengah malem neh (11:29 pm WUJB (waktu ujungberung) ).. See u !



- Ini nih foto di camp terakhir -

1 komentar:

  1. bingung untuk mengirmkan barang anda, dan tidak ada transportasinya, dan harga mahal, kami solusinya dalam pengiriman barang partai besar minimal 100 kg dan kubikasi 0,5 m3. kami siap membantu mengatasi solusi pengiriman barang jauh lebih murah dibandingkan ekspedisi yang lainnya.
    ketepatan kami dan kecepatan kami adalah solusi utama.
    pelayanan kami adalah prioritas kami
    keluhan costumer adalah pembelajaran kami untuk memberikan solusi terbaik buat costumer kami.
    karena kepercayaan costumer prioritas kami,
    segera join dan gabung dalam pengiriman barang
    hub segera contact person,
    atau kunjungi website kami. www. indojayaabadi.com
    atau telpon ke hp 0822 9801 3552
    kami tunggu barang anda ke kami dan kami siap mengirim barang anda dengan tepat waktu.

    BalasHapus

Kasih komentar kamu di sini. Tapi jangan asal komen yaa ;-)