Jumat, 07 Maret 2008

Sesirih Kapur ttg FreeBSD

* posting pertama gua di blog ini tentang bidang IT, spesial bwt kru2 ARC... :P *

Apa itu FreeBSD...?

FreeBSD merupakan sebuah operating sistem bertipe open source yang menyerupai UNIX. Kenapa disebut menyerupai UNIX? Karena pada dasarnya, FreeBSD bukan sebuah klon dari UNIX, dia adalah sebuah turunan dari AT&T UNIX (yang sistem kerjanya mengadopsi UNIX).

FreeBSD ini merupakan sebuah sistem operasi yang sangat handal karena memiliki masa uptime yang panjang, tidak kalah dengan sistem operasi berbasis UNIX. Artinya, FreeBSD sanggup untuk menjalankan peran sebagai os sebuah server tanpa perlu mengalami hang, crash, dan update kernel dalam waktu yang sangat lama (bisa sampai bertahun-tahun, katanya...).

FreeBSD sendiri mulai berkembang dengan sangat pesat sejak awal tahun 1990an yang dipicu oleh patchkit (sebuah program atau sistem operasi, biasanya bertipe opensource, yang dikembangkan oleh banyak orang) yang dikembangkan oleh para pengguna sistem operasi 386BSD. Nah, patchkit dari para user os. 386BSD ini lalu dikembangkan lebih lanjut dengan mengadopsi sistem operasi hasil pengembangan dari Universitas Kalifornia – Berkeley yaitu 4.3BSD-Lite dengan menggunakan banyak komponen 386BSD dan kode dari Free Software Foundation.

Peluncuran versi resmi pertama FreeBSD dikoordinir oleh Jordan Hubbard cs pada akhir tahun 1993. Nama ”FreeBSD” sendiri dicetuskan oleh David Greenman. Perkembangan versi awal FreeBSD ini sangat pesat karena sebuah perusahaan distribusi CD (compact disk, tau lah ya... :-) bernama Walnut Creek CDROM sepakat bekerja sama untuk mendistribusikan FreeBSD dalam bentuk CD dan online dengan koneksi internet yang cepat. Hasilnya, pada tahun 1996 FreeBSD digunakan secara luas, bahkan oleh banyak ISP (internet service protocol) komersial. Saat ini, perkembangan FreeBSD telah mencapai versi stabil 7.0 yang baru dirilis kmaren-kmaren, tanggal 27 Februari 2008.

FreeBSD punya logo yang cukup unik, sebuah setan merah yang dinamakan Beastie. Banyak yang nganggap si Beastie itu lucu dan pas digunakan sebagai logo FreeBSD, tapi ada juga yang gak setuju klo Beastie jadi logo resmi FreeBSD, alasannya karena dianggap tidak menjual. Tapi klo kata gua sih Beastie tuh keren juga loh... Gak percaya? Liat aja nih fotonya :


Lucu yak...?

*hehe, tulisannya dkecilin aja ahh... :P *

posting tentang FreeBSD ini gua cari inspirasinya dari : http://en.wikipedia.org

by gustaph ardana – cakru ARC tahun 2007 & 2008 ^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kasih komentar kamu di sini. Tapi jangan asal komen yaa ;-)